GLOBAL MANAGEMENT

HANDOUT

MATA KULIAH : MANAJEMEN GLOBAL

Oleh : Dr. Nur Aisyah,SE,MM

Pertemuan 1 sd. 5

 

  1. PENDAHULUAN

 

Materi pada manajmen Global ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa  antara lain :

Mahasiswa mampu mengembangkan ilmu pengetahuan terkait perkembangan ekonomi global dengan menggunakan konsep pendekatan manajemen strategis global, dan mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan perkembangan dan tantangan lingkungan bisnis global dengan menggunakan pendekatan manajemen strategis global serta mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan fleksibel untuk menciptakan suatu kreasi bernilai tambah tinggi bagi organisasi, mampu memahami  konsep manajemen global dan melakukan analisis peluang pasar

 

  1. ISI

Melalui materi yang diajarkan dan disampaikan pada Mahasiswa  diharapkan mampu menjelaskan dan mengembangkan pembahasan   dalam isi materi manajemen Global yaitu tentang :

 

  1. Pertemuan 1 ; Manajemen Global, pasar global dan persaingan;
  2. Mengerti dan memahami tentang pengertian manajemen global serta dapat membandingkan dengan manajemen local, sehingga dapat mengambil keputusana tentang perkembangan dalam bisnis manajemen global.
  3. Memahami defenisi dari pasar global serta manfaat, komponen dan Teknik serta keuntungan pasar global yang mengalami persaingan.

 

  1. Pertemuan 2 ;Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain strategis global;
  2. Mengerti dan dapat menjelaskan tentang desain strategis global sehingga dapat mengambil tindakan terhadap kegiatan serta fungsi-fungsi yang diciptakan pada strategi global.

 

  1. Pertemuan 3 ; Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan konsep desain organisasi global;
  2. Memahami dan dapat mengembangkan bagaimana konsep desain global yang ter up date saat ini sesuai dengan era digitalisasi
  3. Mampu menempatkan kondisi dengan mengikuti perkembangan teknologi globalisasi.

 

  1. Pertemuan 4 ; Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan konsep aliansi strategis global;
  2. Mampu memahami dan mengembangkan tentang konsep aliansi strategis
  3. Mampu membaca pelaung-peluang yang diciptakan pada aliansi global.
  4. Pertemuan 5; Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan konsep aliansi strategis global;
  5. Mengadakan diskusi dan presentasi tentang bagaimana perkembangan dari manajemen global dan penerapannya di era teknologi globalisasi.

 

  1. PELENGKAP

Diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan pengertian manajemen global dan mengerti  serta dapat menjelaskan  persaingan di pasar global, mampu menjelaskan strategi memasuki pasar global , mampumenjelaskan pengertian desain global. Mampu menjelaskan desain fungsional global berbagai negara dan menjelaskan desain strategi global, Mahasiswa mampu mengidentifikasi desain organisasi global dan  Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk desain organisasi global. Mahasiswa mampu menganalisis aliansi strategis dan Mahasiswa mampu menganalisis keuntungan aliansi strategis global  serta Mahasiswa mampu menganalisis aliansi strategis dalam membangun keunggulan.

 

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Philippe Lasserre,2018, Global Strategic Management . Red Globe Press, Print ISBN: 9781137584588, 1137584580
  3. Mike W.Peng, 2014, Global Strategic Management, International Edition, 3rd Edition,Print ISBN: 9781133953265
  4. Paul N.Gooderham, Brigitte Grogaard and Kristen Foss,2019,Global Strategy and Management, Theory and Practice.Edward Elgar Publishing Limited, ISBN:9781788114844
  5. International journals related to global strategy management

 

 

 

Medan, 23 September 2023

Dosen Pengampu,

Dr. Nur Aisyah , SE,MM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *